BAB 9
SIKAP TOLERANSI DAN
EMPATI SOSIAL TERHADAP KEBERAGAMAN BUDAYA
1. Sikap Toleransi dan empati terhadap
keberagaman budaya
Sikap toleransi
berarti sikap yang rela menerima dan menghargai perbedaan dengan prang atau
kelompok lain. Empati adalah sikap yang secara ikhlas mau merasakan pikiran dan
perasaan orang lain. Sikap tolerans dan empati ini sangat penting
ditumbuhkembangkan dalam kehidupanmasyarakat Indonesia
multicultural. Dengan pengembangan sikap toleransi dan empati
sosial, maka masalah-masalah yang beraitan dengan keberagaman sosial budya akan
dapat dikendalikan, sehingga tidak mengarah pada pertentangan sosial yang dapat
mengancam diisintegrasi nasional.
Semangat persatuan dan
kesatuan bangsa Indonesia sejak zaman Kerajaan Majapahit telah terpelihara
cukup baik. Oleh karena itu, sikap toleransi tidak boleh pudar hanya karena
perbedaan suku bangsa, ras, bahasa, agama, adat istiadat atau golongan politik.
Sebab bangsa yang berBhinneka Tunggal Ika, kita tidak layak bersikap sukuisme,
realism, chauvisme, primadialisme, atau anarkisme dalam kehidupan masyarakat.
Sebab sikap dan perilaku seperti itu bertentangan dengan nilai-nilai luhur
budaya dan jati diri bangsa Indonesia yang bersifat kekluargaan, ramah tamah,
tolong menolong dan sebagainya. Oleh karena itu, kita harus menempatkan diri
sebagai warga masyarakat yang merupakan bagian utuh dari bangsa Indonesia.
Untuk itu, perlu dikembangkan sikap dan perilaku yang dilandasi oleh sikap
demokratis, toleransi, empati, solidaritas, tolong menolong, dan kekeluargaan.
Dengan demikian, kita akan dapat memlihara dan mewujudkan kehidupan masyarakat
yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya nasional.
Sebagai makhluk
Individu, manusia memiliki hak dan kewajiban asasi untuk mengembangkan
kehidupannya secara mandiri sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Namun,
manusia tidak dapat hidup secara sendiri-sendiri, melainkan memerlukan bantuan
manusia lainnya. Keberadaan manusia hanya bermakna bila mampu hidup secara
kolektif dalam persekutuan dengan individu-individu lain dimasyarakat.
Adapun cara untuk
menerima dan menghargai orang lain atau suku bangsa lain yang berbeda latar
belakang budaya dapat dilakukan sebagai berikut:
a. Kita perlu menerima dan menghargai orang
lain/suku bangsa lain sebagai dari bangsa Indonesia.
b. Kita perlu menerima dan menghargai orang
lain/suku bangsa lain sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial ciptaan Tuhan
Yang Maha Esa
c. Kita perlu menerima dan menghargai orang
lain/suku bangsa lain sebagai manusia yang memiliki kelebihan dan keterbatasan
dalam hal-hal tertentu.
d. Kita perlu menerima dan menghargai orang
lain/suku bangsa lain sebagai manusia yang memiliki persamaan kedudikan,
harkat, martabat, dan derajat, serta hak dan kewajiban asasi.
e. Kita perlu menerima dan menghargai
oranglain/suku bangsa lain sebagai pemilihan dan penghuni tanah air Indonesia ciptaan Tuhan Yang Maha Rsa
f. Kita perlu menerima dan menghargai orang
lain/suku bangsa lain sebagai manusia yang memiliki latar belakang sosial
budaya yang berbeda-beda dalam ras, suku bangsa, bahasa, adat-istiadat,
profesi, golongan politik dan sebagainya.
2. Sikap positif dan krisis terhadap
keberagaman budaya
Selain dapat
menimbulkan dampak negative berupa goncangan budaya dan ketimpangan buadaya, globalisasi
berdampak positif, yaitu memperkaya khasanah budaya nasional Indonesia. Cukup
banyak nilai-nilai budaya global yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan
masyarakat Indonesia. Proses alih teknologi dan ilmu pengetahuan dari
masyarakat Negara maju kepada masyarakat Indonesia pada era global dewasa ini
tentu saja menguntungkan bagi kemajuan masyarakat Indonesia. Demikian pula
masuknnya paham-paham baru dibidang politik, ekonomi, dan seni budaya, sepe rti
paham demokrasi, prinsip efesiensi dan produktivitas dalam bidang industry atau
ekonomi dan system persenjataan militer, semua itu bermanfaat dalam emajukan
kehidupan masyarakat Indonesia.
Demikian pula
dengan sikap dan perilaku disiplin, keterbukaan, tertib dijalan raya, rapi
dalam berbusana, mandiri dalam kehidupan, sikap menghargai waktu, sikap positif
dalam olah raga, dan sejenisnya, semua itu diadopsi dari nilai-nilai budaya
luar, terutama dari masyarakat Eropa, Amerika Serikat dan Jepang. Sikap dan
perilaku hidup tertib dan disiplin tadi tertentu sja sangat berguna untuk
membina moral dan mentalitas masyarakat Indonesia, yang cenderung bersikap
santai dan malas. Selain itu, masuknya benda-benda budaya fisik, seperti
barang-barang beteknologi canggih (televise, antenna parabola, telepon genggam,
internet, faksimil, mobil mewah, dan barang-barang mewah lainnya), semuanya
sangat berguna bagi masyarakat Indonesia unutk ditiru dan dikembangkan dalam
kehidupannya.
Sekalipun banyak
manfaat yang diperoleh dari masuknya nilai-nilai budaya global, tetap kita
tetap peru waspada agar eksistensi jati diri bangsa Indonesia tetap terjaga.
Sebagai masyarakat religious, tentu saja kita tidak menghendaki berkembangnya
budaya secular dan materialis. Sebagai bangsa yang menjungjung tinggi semangat
kekeluargaan, gotongroyong dan ramah tamah tentu saja kita tidak menghendaki
berkembangnya buadaya anarkis dan indiviualis. Oleh karena itu, kita harus
tetap memelihara eksistensi jati diri bangsa Indonesia.
Derasnya pengaruh
nilai-nilai budaya global, sejalan dengan proses modernisasi masyarakat, tentu
saja menimbulkan masalah-masalah sosial. Adapun masalah sosial yang timbul
sebagai dampak negative globalisasidan modernsiasi yaitu sebagai berikut:
a. Semakin meningatnya arus urbanisasi dari
desa ke kota, sehingga timbul kerawanan sosial berupa pengangguran, permukiman
kumuh, kriminalitas, mobilitas gelandangan dan perminta-minta
b. Terjadinya perubahan struktur sosial,
dari masyarakat pertanian tradisional menjadi masyarakat industry modern yang
cenderung bersifat feudal, kapitalis, secular, dan materialistis.
c. Semakin memudahkan masuknya
unsur-unsur budaya luar yang negative, sehingga mempengaruhi sikap
dan perilaku masyarakat, seperti berkembangnya budaya alkoholisme, penyimpangan
seksual, sikap hidup kebarat-baratan, penyalahgunaan narkotika dan sejenisnya.
d. Semakin tajamnya kesenjangan sosial
antara golongan orang kaya dengan orang miskin, sehingga timbul kecemburuan
sosial, menajamnya konflik rasial, memudarnya nilai-nilai budaya asli dan
sebagainya.
a. Gagasan yang perlu dikembangkan
Sebagai warga negara yang baik kita
wajib menjaga eksistensi jati diri bangsa. Jati diri bangsa Indonesia yang
dikenal religius,ramah tamah,dan kekeluargaan jangan sampai memudar karena
pengaruh-pengaruh global yang bersifat sekular,anarkis,individualitis,dan
materialitis. oleh karena itu,kita perlu berupaya mengatasi memudarnya jati
diri bangsa.
Berikut ini gagasan
atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa akibat pengaruh
globalisasi .
1) Pemerintah melalui Departemen Pendidikan
Nasional perlu meningkatkan program pendidikan bela negara.Program ini dalam
pelaksanaannya dapat diintegrasikan ke dalam materi pelajaran,seperti kedalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia,Ilmu pengetahuan sosial,Kewarganegaraan,
ataupun Sosiologi .
2) Pemerintah melalui Departemen Pariwisata
dan Kebudayaan memprogramkan upaya-upaya pemeliharaan dan pengembangan seni
budaya daerah,antara lain melalui seminar,lomba karya tulis,pagelaran seni
budaya,ataupun pameran kebudayaan.
3) Masyarakat melalui tokoh-tokohnya perlu
brupaya melakukan pembinaan terhadap seni daerah masing-masing.
4) Dilingkungan sekolah,para guru perlu
memprogramkan upaya pembinaan mentalitas generasi muda/para pelajar tentang
pentingnya memelihara eksistensi jati diri bangsa.
5) Para pemuda hendaknya proaktif dalam
memprogamkan upaya pembinaan terhadap generasi muda tentangpentingnya
memelihara jati diri bangsa.
6) Setiap warga negara perlu menyadari akan
pentingnya menjaga eksistensi jati diri bangsanya dengan selalu bersikap
selektifdalam menerima pengaruh nilai-nilai global.
b. Sikap kritis yang perlu di kembangkan
Sikap kritis apa saja yang perlu
dikembangkan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa? Anda mungkin pernah
bahkan sering mendengar istilah kritis Misalnya kita harus
bersikap kritis dalam menghadapi kehidupan ini. Kritis berarti sikap
yang tidak mudah menerima begitu saja sesuatu yang dikatakan oleh orang lain.
Sikap kritisberarti perilaku yang selalu didasari oleh akal sehat. Pendapat
atau tanggapan yang muncul dari orang yang kritis disebut kritik. Orang yang
pekerjaannya mengkritik sesuatu hal atau pendapat pihak lain disebut kritikus.
Orang yang kritis tidak akan menerima
begitu saja pengaruh perubahan sosial yang terjadi.Setiap perubahan yang
terjadi akan selalu dipikirkannya . Apakah perubahan itu menguntungkan atau
merugikan masyarakat ?Hal ini bukan berarti orang yang kritis menutup diri
terhadap perubahan. Namun ia berusaha menganalisis perubahan apa saja yang
mendatangkan manfaat bagi diri dan masyarakatnya.Apabila perubahan itu
memberikan pengaruh negatif terhadap diri dan masyarakatnya maka ia segera
menolak dengan tegas.Sebagai contoh,anting merupakan perhiasan yang lazim
dipakai oleh seorang wanita.Namun akibat pengaruh budaya global,Banyak remaja
pria yang memakai anting di telinga dan hidungnya.Remaja yang kritis tentu saja
akan menilai perubahan perilaku tersebut.Apakah memakai anting itu berpengaruh
terhadap penampilannya atau tidak. Setelah mengamati bahwa memakai
anting-anting hanya memberi kesan seram dan premanisme tanpa ada pengaruh
positif,maka ia akan mengutuskan untuk tidak mengikuti perubahan gaya
penampilan tersebut .
Dalam lingkup yang lebih besar sikap
kritis dapat ditunjukkan dengan cara memberi opini atau kritik terhadap
kebijakan pemerintah atau tokoh masyarakat yang berkuasa .Misalnya,pemerintah
membuat kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar 100%.Hal itu
berarti akan berpengaruh terhadap kenaikkan barang kebutuhan pokok shari-hari.
Anggota masyarakat yang kritis tentu saja akan menolak atau meminta penjelasan
terhadap pemerintah,mengapa harga BBM dinaikkan sebesar itu ?
Kemampuan untuk bersikap kritis akan
menghindarkan seseorang atau kelompok masyarakat dari pengaruh buruk perubahan
sosial budaya yang terjadi .Sikap kritis akan mendorong terbentuknya perilaku
yang mandiri dan intelek pada seseorang. Dengan,demikian ia tidak akan mudah
dipengaruhi oleh orang lain.
1) Sikap kritis dalam mengatasi mundurnya
jati diri bangsa dapat dilakukan sebagai berikut.
1) Menyadari secara kritis bahwa kita
merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang berBhineka Tunggal Ika.
2) Menyadari secara kritis bahwa kehidupan
masyarakat Indonesia sangat beranekaragam dalam suku bangsa dan budaya.
3) Menyadari bahwa kebudayaan itu cenderung
berubah dan bertahan sejalan dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
4) Bersikap kritis,rasional,dan selektif
terhadap pengaruh masuknya unsur-unsur budaya global.
5) Bersikap kritis,rasional,dan selektif
terhadap permasalahan yang timbul akibat perubahan sosial.
6) Ikut secara aktif dan kreatif dalam
mengatasi persoalan sosial yang timbul akibat pengaruh perubahan sosial.
c. positif yang perlu
dikembangkanterbuka
1) Sikap terbuka
Sebagai bangsa yang kritis,kita harus
bersikap terbuka,terhadap perubahan yang terjadi.Sebab,tidak semua pengaruh
budaya global bersifat negatif tetapi banyak pula positifnya .Pengaruh
perubahan positif kita dukung ,tetapi pengaruh negatifnya kita hindari .Oleh
karena itu kita jangan bersikap apriori atau menaruh prasangka buruk terhadap
hal-hal yang baru .Sikap terbuka ini diperlukan karena masuknya pengaruh budaya
global sudah tidak dapat dihindari lagi.
1) Sikap antisipatif
Perilaku kritis lainnya yang perlu kita
kembangkan ialah sikap antisipasif.Artinya, kita harus selalu tanggap dan peka
terhadap perubahan yang terjadi. Kita harus mengantisipasi kemungkinan yang
akan terjadi. Misalnya,pengaruh gelombang budaya global yang demikian
besar,cepat,dan terus-menerus harus diantisipasi dampak positif dan negatifnya.
Sifat antisipasi dapat dimulai dengan mengamati dan meneliti pengaruh perubahan
yang terjadi. Hasil pengkajian ini kemudian di jadikan sebagai acuan atau
pedoman dalam menentukan acuan atau pedoman.
2) Sikap selektif
Sikap kritis lainnya yaitukita harus
bersikap selektif dalam menerima pengaruh perubahan sosial. Sikap selektif in
maksudnya memilih mana pengaruh yang baik danmana yang tidak baik. Untuk di
tiru.Proses seleksi artinya memilih pengaruh perubahan manakah yang paling
meberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Pengaruh positif yang
memberikan manfaat diambil,Sedangkan pengaruh negatif yang tidak memberikan
manfaat dibuang jauh-jauh. Sebagai contoh, gaya berbusana yang rapih dan etos
kerja yang tinggi dan trampil yang ditampilkan oleh asyarakat barat,perlu
ditiru. Sebaliknya,kebiasaan mabuk atau minuman keras atau budaya seks
bebasyang berasal daribudaya global jangan ditiru karena bertentangan dengan
kepribadian bangsa Indonesia.
3) Sikap adaptif
Sikap kritis lainnya dalam menghadapi
perubahan sosial ialah bersikap adaptif. Sikap adaptif artinya sifat yang
berusaha menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Proses seleksi
memberikan keputusan apakah seseorang menerima atau menolak suatu pengaruh
perubahan sosial. Apabila seseorang telah memutuskan untuk menerima pengaruh
positif maka ia harus bersikap adaptif terhadap hal-hal baru tersebut, Misalnya
ketika kita menerima masuknya teknologi komputer karena banyak manfaatnya maka
kita harus berusaha mempelajari dan menguasai teknologi dan komunikasi tersebut
secara baik.
d. sikap negatif yang
perlu dihindari
1) sikap tertutup dan curiga
Sikap
tertutup dan curiga pada masryarakat tradisional sering kali menghambat
perubahan sosial . pada era global sekarang ini, sikap yang demikian
harus sudah ditinggalkan . sebab sekarang ini proses perubahan tidak dapat
dihindari lagi . apabila kita selalu bersikap tertututp dan curiga ,maka proses
pembaharuan masyarakat tidak akan berjalan dengan lancar . pada masyarakat
tertutup perubahan sosial dianggap sebagai sesuatu yang merusak integritas
kebudayaannya . sebagian masyarakat masih menganggap bahwa unsur – unsur budaya
global selalu negatif .oleh karena itu masyarakat akan menentang setiap usaha –
usaha pembaharuan . sikap tertutup dan curiga merupakan salah satu ciri
masyarakat pedesaan yang tradisional . apabila pembaharuan dipaksakan , maka
akan terjadi pertentanga sosial .
2) sikap apatis
Perilaku
negatif lainnya yang harus didhindari dalam menghadapi perubahan sosial ialah
sikap apatis . sikap apatis artinya sikap yang acuh tak acuh terhadap persoalan
yang terjadi di dalam masyarakat yang kecewa . sebagai cintoh kelompok
masyarakat yang kecewa terhadap pemerintah yang berkuasa akan
melakukan aksi tertutup mata tertutup terhadap seluruh kebijakan pemerintah .
segala perubahan yang dilakukan pemerintah tidak akan bermakna apa- apa dimata
mereka.oleh karena itu , mereka tidak menentukan sikap apa –apa (menerima atau
menolak ) terhadap pengaruh perubahan yang terjadi .pada masyarakat seperti itu
,proses perubahan sosial akan terhambat .
3) sikap tidak selektif
Sikap
tidak selektif adalah sikap tidak mampu memilah –milah dampak pengaruh
perubahan sosial . pada orang – orang yang tidak bersikap selektif pengaruh
apapun akan diterimanya tanpa diseleksi terlebih dahulu . sebagai akibatnya,
mereka mudah sekali terbawa arus perubahan yang bersifat negatif . dalam
berteman pun , kita harus selektif agar tidak terpengaruh oleh pergaulan bebas
. para remaja umumnya bersikap tidak selektif dallam menerima pengaruh budaya
global .
4) tidak mempunyai inisiatif
Tidak
mempunyai inisiatif berati tidak memiliki ide , gagasan atau prakarsa untuk
berbuat sesuatu . segala sesuatunya ditentukan oleh orang lain . dalam
menghadapi pengaruh perubahan sosial , orang yang tidak memiliki inisuati akan
mudah diombang – ambing oleh pengaruh perubahan . misalnya perubahan gaya
rambut dari waktu ke waktu selalu diikutu walaupun beldak memiliki
ini tentu cocock untuk dirinya . sikap tidak inisiatif akan
merugikan diri sendiri dan masyarakat nya . pada era global sekarang ini ,
sangat dibutuhkanorang – orang yang memiliki sikap ,kreatif dan inisiatif .
B . MENJAGA DAN MELESTARIKAN
BUDAYA LOKAL
Bagaimanakah
sikap kita terhadap budaya lokal ? budaya lokal memiliki peran dan kedudukan
oenting karena merupakan unsun- unsur pembentuk budaya nasional . karena itu
kita perlu menjaga dan melestarikan budaya lokal agat tidak punah .
1. Pentingnua menjaga dan memelihara budaya
lokal
Sebelum melakukan
tindakan pemeliharaan budaya lokal , yang utama ialah adanya kemauan untuk
memlihara budaya lokal itu sendiri . adanya kemauan yang keras akan memberi
semangat untuk mencari cara . pemeliharaan budaya lokal dapat dilakukan dengan
berbagai cara , seperti melalui kongres bahasa daerah dan pergelaran seni
budaya daerah . dengan mengambil analoogi pada kongres bahasa bali dan kongres
bahasa jawa bahwa penyelamatan ,pemeliharaan dan penghormatan bahasa – bahas
adaerah , terlebih dahulu pemilik dan penutur asli bahasa daerah itu sendiri
perlu dibuar sadar bahwa bahasa daerah itu berfungsi sebagai :
a. Lambang kebanggan daerah dan masyarakat
penuturnya
b. Lambang identitas daerah dan masyarakat
penuturnya
c. Alat penghubung di dalam keluarga dan
masyarakat
d. Sarana pendukung budaya daerah dan
budaya nasional
Apabila pamilik dan
penuturnya asli bahasa daerah menyadari bahwa begitu besar dan pentingnya
fungsi bahasa daerah , perlu diupayakan peningkatan mutu pemakaian bahasa
daerah , mancakup nupaya menungkatkan sikap , pengetahuan , dan keterampilan
berbahasa daerah melalui jalur formal pendidikan dan pengajaran dusekolah dan
jalur informal dengan memfungsikan bahasa daerah dalam kehidupan masyarakat
sehari- hari . pembinaan sastra juga perlu di dahului dengan penanaman
kesadaran kepada seluruh seluruh rakyat indonesia dan pemilik sastra daerah
bahwa sastra daerah merupaka bukti suatu historis masyarakat daerah . sastra
daerah sebagai salah satu bagian dari sastra indonesia berkedududkan sebagai
wahana ekspresi budaya indonesia , yang didalamnya terekam pengalaman etika ,
estetika , moral , agama , dan sosial masyarakat daerah . dalam kedudukan
sebagai wahana ekspresi budaya , sastra daerah memiliki fungsi sebagai perekam
kebudayaan daerah dan pamaliharaan , pemupuk , dan penumbuh solidarits daerah.
Apabila kesadaran
terhada pentingnya sastra daerah timbul maka , pembinaan yang perlu dilakukan
ialah peningkatan mutu apresiasi sastra daerah . upaya peningkatan ini dapat
dilakukan melalui pendidikan , pengajaran , pemesyarakatan dan pemberdayaan
sastra daerah , yaitu :
a. mengadakan pendididikan dan pengajaran
bahasa dan sastra daerah tersendiri sebagai mata pelajaran dalam kurikulum
bukan merupakan bagian kecil dari pendidikan dan pengajaran bahasa daerah .
b. mangadakan guru – guru bahasa dan satra
daerah yang bermutu
c. atmosfer yang kondusif untuk mendukung
penciptaan karya sastra yang bermutu
d. memanfaatkan tokoh – tokoh sastra daerah
yang masih kreatif dan produktif
e. memberikan penghargaan yang wajar kepada
sastrwan daerah dan mengadakan penerjemahan karya sastra daerah yang memiliki
nilai universal
dengan demikian
,penegmbangan bahasa dan sastra daerah merupaka upaya untuk maningkatkan mutu
sastra daerah yang di dalamnya meliputi di alek dan tradisi lisan agarsastra
daerah itu dapat dimanfaatkan sebagai media ekspresi pencarian dan pencerminan
jati diri dalam membangun masyarkat daerah yang merupakan bagian dari
masyarakat indonesia . kegiatan pengembangan meliiputi pengembangan penelitian
dan penulisan .
2. manfaat menjaga dan melestarikan budaya
lokal
pemahaman identitas
jati diri suatu bangsa dapat dilakukan secara mendalam berdasarkan perspektif
bangsa itu sendiri . demikian pula halnya dengan pemahaman budaya lokal .
pemahaman budaya lokal dapat dicapai kedalamannya apabila kit mampu melihatnya
dari perspektif budaya likal itu sendiri. Dengan mengingatkan
definisi budaya sebagai pola keyakinannya ,sikap , dan perilaku yang
dipelajari oleh suatu bangsa kemudian diwariskan kepada generasi berikutnnya ,
maka keyakinan ,sikap dan perilaku seuatu etinis hendaknya
dinyatakan dalam bahsa dan sastra daerah serta dipergunakan dalam interaksi
antar anggota etnis itu sendiri
banyak ungkapan yang
mencerminkan keyakinan, sikap ,san perilaku suku –sukubudaya kita yang tidak
dapat dinyattakan dalam bahasa indonesia tau bahasa asing . selain itu ,hasil
pengalaman hidup dan pemikirann yang sudah berlangsung ber abad – abad ,
misalnya dalm hal seni dan budaya.
1.Budaya yang dihasilkan oleh masyarakat
bangsa tersebut sejak zaman dahulu hinggi kini sebagai suatu karya yang di
banggakan yang memiliki ke khasan dan menjadi identitas warga ,serta menjadi
jati diri bangsa yang kuat disebut``
a.Cagar alam
b.Budaya nasional
c.Bioesfer
d.Dinamika
e.Buadaya alam
2.Unsur kebudayaan bersifat
a.Universal
b.Individual
c.Kelompok
d.masyarakat
e.Sosial
3.Budaya lokal memiliki karakteristik,kecuali
a.Hasil budidaya masyarakat
b.Hasil budidaya sejak zaman dahulu
c.Hasil budidaya yang di banggakan
d.hasil budidaya jati diri bangsa
e.hasil bididaya individual
4.Persyaratan koentjoningrat yang harus di
miliki kebudayaan nasional,kecuali...
a.Harus menimbulkan identitas warga negara
b.Harus menimbulkan rasa bangga kepada para
pendukung
c.Harus bermutu tinggi
d.Harus mencintai produk luar
5.hasil karya manusia dalam usahanya
mempertahakan hidup..
a.Adat istiadat
b.Kebudayaan
c.Budaya nasional
d.Dinamika
e.Budaya bangsa
6.Kebudayaan boleh di katakan sebagai
perwujudan tanggapan manusia hidupTantangan yang di hadapi dalam penyusuain
diri dalam lingkungan istilah ini menurut
a.Iris varner
b.varnel
c.Soerjono
d.Koetjodiningrat
e.Bearner
7.Tujuan adanya dari kebudayaan nasional
adalah
a.Sebagai alat perekat bangsa
b.Sebagainalat komunikasi
c.Sebagai alat interaksi
d.Sebagai alat sosial
e.Sebagai alat transportasi
8.Pelestarian kebudayaan dapat melaui
a.Pembentukan kelompok sosial
b.Pembuatan cagar alam
c.Pembuatan kelompok sosial
d.Pengembangan potensi wisata dan ekonomi
kreatif
e.Pembuatan industri kebudayaan
9.interaksi global berakar pada ilmu kecuali
a.antropologi
b.psikologi
c.sejarah
d.ekonomi
e.geogrefi
10.potensi yg cukup penting utk di kembangkan
agar dpt memberikan konstitunsi nyata bagi kesejahteraan masyarakat pengertian
dari..
a.warisan budaya
b.budaya
c.kebudayaan
d.budaya nasional
e.dinamika
11.kekayaan budaya yg dilihat sbg cara yg ada
dlm kebudayaan kelompok atau masyarakat utk mengungkapkan ekspresi adalah..
a.warisan budaya
b.keragaman budaya
c.kebudayaan
d.budaya nasional
e.dinamika
12.unsur-unsur yg dpt dijadikan daya tarik
wisatawan,kecuali...
a.bahasa
b.masyarakat
ckerajinan tangan
d.makanan
e.perilaku
13.warisan budaya memiliki banyak nilai
kreatifitas yg menekankan pd aspek , kecuali...
a.seni
b.sosial
c.tenggang rasa
d.adat istiadat
e.agama
14. bahasa masyarakat kerajinan tangan masuk
ke dlm golongan
a. unsur kebudayaan
b. ciri khas
c. pelestarian budaya
d. jenis-jenis
e. karakteristik
15. ilmu dwitunggal,artinya ...
a. jika ada pertanyaan sejarah
b. jika sejarah mempertanyakan suatu peristiwa
itu “kapan”terjadi
c. jika jawaban sejarah memepertanyakan tempat
d. pertanyaan tentang peristiwa sejarah
e. pertanyaan tentang budaya nasional
16.sifat khas kebudayaan nasional di wujudkan
pada unsur , kecuali...
a. budaya
b. bahasa
c. agama
d. pakaian
e. upacara adat
17. sumbangan beberapa kebudayaan lokal
bergabung menjadi satu ciri khas yang kemudian menjadi kebudayaan nasional di
sebut .....
a. Kebudayaan lokal
b.Kebudayaan non-lokal
c.Kebudayaan daerah
d.Kebudayaan suku
e.Kebudayaan adat
18.Unsur kebudayaan daerah harus memiliki
masyarakat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan derajat dan nilai bangsa
indonesia.Termasuk kedalam persyaratan...
a.Harus menimbulkan identitas
b.Rasa bangga
c.Nasionalisme
d.Harus bermutu tinggi
e.Kecintaan bangsa
19.Batik merupakan salah satu contoh...
a.Budaya nasional
b.Budaya lokal
c.Budaya luar
d.Budaya masyarakat
e.Budaya
20.Intercultular communication in the global
work place kebudayaan adalah....
a. pandangan yang koheren tentang sesuatu yang
di pelajari
b. pandangan terhadap kebudayan lokal
c. Pandangan terhadap kebudayaan non lokal
d.Pandangan terhadap kebudayaan suku
e.Pandangan terhadap kebudayaan kelompok
21.Convention on the protection and promotion
of the diversity of cultural expression.Keragaman budaya menurut UNESCO
tahun...
a.2006
b.2007
c.2008
d.2005
e.2000
22.Isi dari kebudayaan agama tersebut mengacu pada
makna..
a.Simbolik,dimensi arsistik,nilai-nilai budaya
b.Kebudayaan dinamika
c.Karakteristik
d.Ciri-ciri
e.Jenis
23.Semua masa yang terbagi dalam pembabakan
sejarah,kecuali
a.Prasejarah
b.Klasik
c.Islam
d.Kolonial
e.Suku
24.Tiga warisan dunia yang ada di indonesia
yaitu..
a.borobudur,prambanan,situs sangiran
b.Borobudur,kidal,mendut
c.Kalasan,kidal,mendut
d.Mendut,prambanan,kalasan
e.Kidal,prambanan,mendut
25.Untuk memuaskan macam-macam keinginan yang
tidak terbatas tersebut,tersedia sumber daya yang dapat di gunakan di sebut...
a.Sejarah
b.Ekonomi
c.Geografi
d.Sosiologi
e.Antropologi
26.Dalam sosiologi,objek yang menjadi kajian
a.Hubungan antar bangsa
b.Hubungan antar daerah
c.Hubungan antar kota
d.Hubungan antar manusia
e.Hubungan antar negara
27.Apabila penawaran terap atau turun
sementara permintaan naik,maka harga akan naik,hal itu merupakan...
a.Prinsip ekonomi
b.Hukum ekonomi
c.Unsur ekonomi
d.Pengertian ekonomi
e.Rumus ekonomi
28.Berikut ini merupakan ilmu-ilmu yang
mengkaji interaksi global,yaitu...
a.Antropologi,sejarah,sosiologi
b.Bahasa,geografi,kimia
c.Geografi,biologi,kimia
d.Kimia,bahasa,ekonomi
e.Biologi,agama,ekonomi
29.Masyarakat indonesia memiliki berbagai
kebudayaan daerah yang bersifat...
a.Kelompok
b.Masyarakat
c.Kewilayahan
d.Kedaerahan
e.Provinsi
30.Adanya E-mail menyebabkan dunia ini menjadi
tanpa batas secara...
a.fisik
b.Non fisik
c.Lokal
d.Non lokal
eKhusus
31.Perspektif ekonomi terkait dengan
waktu,hari ini dan esok termasuk pengertian...
a.Ekonomi
b.Jenis ekonomi
c.Ciri ekonomi
d.Aspek-aspek ekonomi
e.Hukum ekonomi
32.Hukum ekonomi berpengaruh terhadap...
a.Kenaikan mata uang asing
b.Kenaikan mata uang lokal
c.Kenaikan mata uang non lokal
d.Kenaikan mata uang negara
e.kenaikan mata uang
33. Kearipan nilai-nilai ideal memiliki
nilai-nilai positif , antara lain...
a.bentuk fisik berupa produk kreatif
b.bentuk alat berupa produk
c.bentuk batin berupa produk
d.bentuknya berupa produk
e.barmacam produk
34.Adat cisungsang seren taun merupakan salah
satu kekayaan kebudayaan adat.....
a.Cirebon
b.tangerang
c.lebak
d.cianjur
e.banten
35.harus memberikan identitas kepada warga
negara pendukung kebudayaan,artinya......
a.unsur kebudayaan yang menarik
b.unsur kebudayaan yang simple
c.kebudayaan yang berbeda
d.unsur kebudayaan yang sama
e.unsur kebudayaan yang memiliki ciri khas
36.Harus menimbulkan rasa bangga kepada para
pendukung nya,artinya.........
a.unsur kebudayaan yang dapat menimbulkan rasa
bangga kelompok
b.rasa bangga terhadap masyarakat
c.rasa bangga terhadap seluruh rakyat
indonesia
d.rasa bangga terhadap orang tertentu
e.rasa bangga terhadap seseoang
37.Dapat meningkatkan khaznah , derajat , dan
nilai bangsa indonesia.masuk ke dalam persyaratan......
a.harus memberikan identitas
b.harus bermutu tinggi
c.harus menimbulkan rasa bangga
d.harus menimbulkan rasa senang
e.harus menimbulkan rasa kecewa
38.Manusia
adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Kesempurnaan tersebut karena
dilengkapi sang pencipta dengan akal, nurani dan kehendak sehingga manusia
disebut sebagai makhluk … .
a.berbudaya
b.sosial
c.individu
d.penguasa
e.sempurna
39.Kebudayaan merupakan hasil dari … .
a. akal
sebagai daya cipta
nurani
sebagai daya rasa
b. cipta
karsa dan rasa manusia
c. tindakan
manusia
d. pengetahuan
manusia
40.Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah
keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka
kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan … .
a.bekerja
b.belajar
c.berbuat
d.beriman
e.berbudaya
41.Manusia dan kebudayaan merupakan satu
kesatuan yang erat dan tidak dapat dipisahkan sehingga disebut … .
a.universal
b.tunggal ika
c.dwi muka
d.dwi tunggal
e.petunjuk hidup
42.Salah satu ciri kebudayaan adalah selalu
bersifat … .
a.majemuk
b.kompleks
c.teratur
d.statis
e.dinamis
43.Budaya lokal pada umumnya bersifat … .
a.tradisional
b.modern
c.sentral
d.nasional
e.abstrak
44.Wujud kebudayaan ideal (abstrak) dinamakan …
.
a.sistem sosial
b.sistem budaya
c.mentifak
d.sosifect
e.perilaku
45.Isi dari semua kebudayaan yang ada di dunia
adalah … .
a.adat istiadat yang memiliki nilai etika
b.rangkaian aktivitas manusia dalam masyarakat
c.pola-pola perilaku dari anggota masyarakat
d.kebudayaan kebendaan hasil karya manusia
e.tujuh unsur pokok budaya universal
46.Tondi, Sahala dan Begn merupakan konsep
kepercayaan tradisional yang dianut suku bangsa … .
a.Batak
b.Minagkabau
c.Sunda
d.Jawa
e.Bali
47.Bentuk rumah adapt Inuasan, Joglo dan
Serontong merupakan budaya lokal dari … .
a.Jambi
b.Padang
c.Jawa Tengah
d.Bali
e.Nusa Tenggara Timur
48.Kaharingan
merupakan system kepercayaan yang dianut oleh masyarakat … .a.Sawu
b.Dayak
c.Bali
d.Bugis
e.Dani
49.Ugi
merupakan bahasa daerah yang dipergunakan oleh suku … .
a.Dayak
b.Sawu
c.Bugis
d.Makasar
e.Dani
50.Tsyem
merupakan rumah adat dari suku … .
a. Dani
b. Asmat
c. Bugis
d. Dayak
Ngaju
e. Dayak
Piman
II. URAIAN
Jawablah
peranyaan-pertanyaan di bawah ini secara singkat dan benar !
1. Tunjukan dengan contoh sikap toleransi masyarakat
terhadap keberagamanbudaya !
2. Tunjukan lengan sikap empati pemerintah
terhadap keberagaman budaya !
3. Apakah yang dimaksud sikap kritis dalam
menghadapi keberagamanbudaya
4. Mengapa kita harus bersikap kritis
terhadap keberagaman budaya?
5. Apa manfaat sikap kritis terhadap
keberagaman budaya !
6. Sebutkan contoh sikap
positif terhadap keberagaman budaya !
7. Jelaskan cara menjaga dan memelihara
budaya lokal !
8. Jelaskan manfaat pembinaan budaya lokal
!
9. Tunjukan peran masyarakat dalam menjaga
dan melestarikan budaya lokal !
10. Tunjukan perann pemerintah dalam membina dan memelihara budaya lokal !
III. BENAR SALAH
1.Budaya yang di
hasilkan oleh masyarakat bangsa tersebut sejak zaman dahulu hingga kini sebagai
suatu karya yang di bangga kan yang memiliki ke khasan dan menjadi identitas
warga,serta menjadi jati diri banggsa yang kuat di sebut BUDAYA NASIONAL
Jawaban : B
2.Unsur kebudayaan
bersifat KELOMPOK
Jawaban :S
3.Hasil karya manusia
dalam usahanya mempertahankan hidup di sebut BUDAYA BANGSA
Jawaban :S
4.Tujuan dari adanya
kebudayaan nasional adalah SEBAGAI ALAT PEREKAT BANGSA
Jawaban :B
5.pelestarian
kebudayaan dapat melalui pembentukan kelompok
Jawaban:S
6.Intersi global
berakar pada ilmu-ilmu, kecuali geografi
Jawaban:B
7.unsur-unsur yang
dapat di jadikan daya tarik wisatawan perilaku
Jawaban:B
8.batik merupakan
salah satu contoh budaya lokal
Jawaban:S
9.sifat khas
kebudayaan nasional di wujudkan pada unsur agama
Jawaban:B
10.bahasa,
masyarakat, kerajinan tangan masuk ke dalam golongan ciri khas
Jawaban:S
1.jawaban pilihan ganda
1.B 11.B 21.D 31.D 41.A
2.A 12.E 22.E 32.D 42.E
3.E 13.E 23.A 33.A 43.C
4.B 14.A 24.B 34.A 44.B
5.A 15.B 25.B 35.C 45.B
6.A 16.C 26.D 36.E 46.A
7.A 17.A 27.B 37.C 47.D
8.D 18.D 28.A 38.B 48.B
9.E 19.A 29.C 39.A 49.C
10.A 20.A 30.B 40.E 50.B
2.essay
1.saling
menghargai budaya lain.
2.dgn
memperkenalkan budaya indonesia ke luar negeri
3.mengembangakan
sikap toleran, meningalkan sifat primordialisme,mengembangkan sikap
nasionalisme
4.agar
kita dapat mengetahui bentuk perbedaan dan keragaman dalam
budaya,suku,bangsa,ras,kepribadian,dll.
5.degan
adanya sikap kritis terhadap keberagaman budaya,kita dapat memilah mana budaya
yg baik dan mana yg kurang baik,sehingga kita dapat menghindari pengaruh
negatif dari budaya yang kurang sesuai dengan budaya timur indonesia.
6.a.membudidayakann
budaya,bertoleransi terhadap perbedaan
budaya
b.tidak menjual budaya lokal ke bangsa
asing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar